Metro, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta Dinas Sosial DKI Jakarta memfasilitasi anak-anak yang tinggal di panti asuhan untuk berekreasi ke Dunia Fantasi (Dufan). Pada puncak Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar hari ini, setidaknya seribu anak diajak untuk berkunjung ke Dufan, Ancol, Jakarta Utara. 

"Ini kan masih seribu yang diajak ke sini (Dufan). Bulan depan saya minta seribu anak lagi. Jadi setiap bulan itu ada acara untuk anak-anak kita yang tinggal di panti," ujar Djarot di Dufan, Ancol, Rabu, 23 Agustus 2017.



Menurut Djarot, tanggung jawab negara untuk memelihara anak-anak terlantar telah sesuai dengan konstitusi, yaitu Undang-undang Dasar Pasal 34 ayat (1) tahun 1945 yang berbunyi Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara. Dengan begitu, negara berkewajiban untuk menghibur dan mengembangkan anak-anak di panti asuhan. 

Baca: Hari Anak Nasional, Djarot Bagikan Sepeda untuk Anak Panti Asuhan



"Mereka juga punya masa depan, makanya kita wajib dan memelihara dan mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya," ujar Djarot. 


 


Djarot menuturkan jangan sampai Hari Anak Nasional hanya sebatas seremoni yang terbatas pada rangkaian acaranya. Menurut Djarot harus ada upaya yang konkret seperti memberikan kesempatan bagi anak-anak tersebut untuk berekreasi. Djarot menuturkan dengan memberikan kegembiraan sama saja menanamkan semangat optimisme bagi mereka. 



"Hibur mereka, berikan optimisme kepada anak-anak kita bahwa mereka punya masa depan. Itu inti-nya. Makanya saya minta sebulan sekali (dibuka untuk anak panti)," ujar Djarot. 

Baca: Kasus Panti Asuhan, Polisi Temukan 12 Anak di Persembunyian

Dari 7 ribu anak panti asuhan, Djarot meminta Dinas Sosial memberikan kesempatan bagi anak-anak tersebut untuk mengunjungi tempat rekreasi. Djarot juga meminta PT Pembangunan Jaya Ancol lewat Dufan untuk memberikan fasilitas tersebut. Selain itu, Djarot juga mengimbau kepada perusahaan di Jakarta untuk memberikan bantuan lewat corporate social responsibility (CSR) kepada anak-anak panti asuhan itu. 



"Semuanya akan dikoordinir oleh Dinas Sosial. Nanti yang akan mengatur itu Dinas Sosial. Tentang acara seperti ini, bulan depan akan ada lagi dengan bermacam-macam anak," ujar Djarot. 


 


LARISSA HUDA